Langsung ke konten utama

mampir mamam di Solo

lima taun lebih jadi orang Solo, setiap ada saudara atau temen yang mau main kesini saya masih selalu kebingungan, mau diajak kemana? karena, saya pikir, Solo kan nggak ada pantai, nggak ada gunung, nggak ada wisata alam-alam, nggak ada tempat wisata yang proper:') paling-paling ya ke waterpark atau ke keraton, atau mentok ya ke mall (apa-apaan wisata ke mall?).

nah, baru saya sadari setaunan terakhir ternyata yang menarik dari Solo adalah kulinernya. banyak yang bilang, yang dikangenin di Solo adalah makanannya yang enak-enak, murah, dan tentu aja tehnya yang spesial. katanya mampir sembarangan ke warung di pinggir jalan aja kemungkinan besar rasanya nggak akan failed. bahkan ada yang bilang, main ke Solo tuh harus dalam kondisi laper banget karena ada buanyaak makanan enak yang harus dicoba. 

soal murah ini saya juga heran, sih. sebagai warga Magelang yang tinggal di pelosok Tempuran, bahkan Solo tetep terasa lebih murah. apalagi makanan-makanan deket pondok. beh. kayaknya beliau nggak pada niat jualan sih. niatnya sedekah. udah enak, murah, banyak lagi. bayangin aja beli es krampul seplastik gede sampe mau tumpah-tumpah harganya cuma 2,5k. atau nasi sayur seporsi kenyang cuma 2k. 2 ribu rupiah lho yaAllah, itu aja saya sering kekenyangan karena porsinya lebih dari cukup. yaudahlah emang dibayarnya nggak bisa pake uang, pake doa dan pahala dari Allah SWT langsung. saya sama temen-temen di pondok sering bilang, di Plesungan (daerah pondok saya, secara de jure masuk Kabupaten Karanganyar tapi de facto lebih deket Kota Surakarta kemana-mana), duit 10k masih bisa buat hidup 3 hari, itu masih makan 2x/hari dengan kenyang lho ya. 

nah intinya, setelah saya sadar ternyata Solo punya banyak tempat (makan) menarik buat dijelajahi, saya pun jadi ngerasa urusan saya sama Solo belum selesai walopun udah kelaran kuliah dan mondok. jadilah pertama kalinya saya ke Solo lagi (2 bulan pasca pamitan dari pondok), agenda kedua setelah sowan-sowan Romoyai adalah mamam-mamam. udah saya catetin tuh, list warung mana aja yang oke. sumbernya tentu aja dari twitter dan saya klarifikasi lokasi + keterangan lengkapnya di google.

dan inilah catetan singkat perjalanan mamam-mamam kemaren. baru dikit sih, tapi gapapa insyaAllah besok-besok masih dikasih kesempatan sowan Solo lagi. 


day 1

Mie Ayam Pilist
perjalanan mamam-mamam ini dimulai dengan maksi mie ayam legendaris Solo. tempatnya agak masuk-masuk gang di daerah Jayengan (sakjane saya juga ga paham pokoknya mah ngemaps aja). begitu sampe, widiw ternyata rame banget parkirnya hampir penuh. warungnya sepintas nggak gede-gede banget, tapi begitu masuk, ada jalan ke ruangan-ruangan lain yang rata-rata bangkunya terisi. emang udah masuk waktu makan siang, sih.

saya pun pesan satu porsi. nah di deket kasir ini ada berbagai side dish yang bisa dipilih semaunya: pangsit, sosis, gorengan, baceman, kerupuk, sampe ceker.

begitu mie saya dateng, tentu aja saya icipin dulu. kuahnya agak kental, dan buat lidah saya yang terbiasa sama mie ayam manis, mie ayam Pilist ini kerasa lebih kuat asinnya. mienya kenyal, ayamnya manis lembut. kayaknya tanpa sadar saya "hmmm~" waktu makan mie ini, sampe ibu-ibu yang duduk di depan saya nyeletuk, "ini mie ayam terenak sedunia, mbak!" kami ngobrol sebentar soal betapa ibunya udah langganan banget disini, lalu kami sama-sama khusyuk menandaskan mangkok masing-masing.

ini dia mie ayam (yang katanya) terenak sedunia.

satu momen yang nggak kalah nyenengke kaitannya sama mamam-mamam di Solo adalah, waktu bayar makanan kita.
sebenernya saya sampet ketar-ketir sebelumnya karena cash saya tinggal 20ribuan. belum nemu atm juga. tapi terus saya inget saya di Solo dan semangkok mie ayam plus minum plus pangsit plus gorengan plus parkir pun nggak akan lebih dari 20k. dan ternyata bener. mie ayamnya seporsi 12k, side dish @2k, tambah parkir juga masih cukup.
perut kenyang, kantong hepi.

HIK (Hidangan Istimiwir Kampung)
selama di Solo ini saya banyak bergantung sama HIK soal urusan makan sehari-hari. dan bener ya, rasanya belum sah ke Solo kalo belum ngehik. sebenernya sama aja sih sama angkringan, ya cuma karna di Solo aja namanya jadi HIK.

tapi ada yang bikin hik beda sama angkringan adalah, tidak lain dan tidak bukan: tehnya. wasgithel alias wangi panas legi lan kenthel. apalagi teh krampul, teh yg dicemplungi potongan jeruk (krampul-krampul = mengambang (jawa), maksudnya potongan jeruknya mengambang di tengah teh). ya kayak lemon tea gitu lho. cuma beberapa kali tumbas teh krampul di hik manapun di Solo, dibandingin sama beli lemon tea di restoran-restoran pun, tetep sedepan yang di hik. apalagi Mbah Hik deket pondok, sueger manis pokoe debest😭

sebuah trivia dari temen warlok: HIK yang tehnya enak bisa diliat dari dua indikator, digodhog di atas areng dan makin item tekonya makin enak. 



side dish bakaran yang pepak alias lengkap (plus diam-diam menghanyutkan karena bikin gak sadar jadi abisnya banyak)


buat hari ini ke HIK Plesungan yang agak jauhan dari pondok karena yang deket pondok lagi tutup, lagi ada hajatan di depannya (dimana kalo di Solo tuh orang nikahan di desa kaya gini acaranya bisa sampek 7 hari 7 malem). di HIK beli bakaran, nasi kucing, dan tentu saja teh krampul. jeruk e krampul-krampul wis pokoe terbaik:')

day 2
soto ahad kliwon!!!😋🥰
(nggak terdokumentasi dengan baik karena sambil keasikan ngobrol)

day 3
Tahok Pak Citro Pasar Gede
pagi-pagi jam 8an langsung cus ke Pasar Gedhe karna mau ngejar makan (atau minum?) wedang tahu yang katanya buka pagi doang.
sampe sana ternyata masih buka. saya kemudian dibilangin sama bapak parkir, kalo agak siangan beliau tetep buka cuma pindah lokasinya agak masuk, nggak pas di persimpangan.

Pasar Gedhe mboten sare, katanya.
ya tapi kalo pagi-pagi gini emang udah wayahe wungu, sih.

begitu nyampe dan liat bapaknya menyajikan tahok di mangkok, saya langsung mbatin, ealah wedang tahu ki maksude jenang baning, to... karena bentuknya muirip sama jenang baning alias bubur sumsum, cuma yang ini lebih berkuah.

ya kan, kayak bubur sumsum kan?

ini gerobak bapaknya, bisa makan (atau minum?) di tempat.


tapi begitu saya menyendokkan satu suap ke mulut, teksturnya emang agak mirip jenang baning tapi rasanya sama sekali bukan. ya kayak.... tahu. kuahnya ini yang sedep, kayak kuah yang di ronde, wedang jahe yang anget-anget manis gitu.

sambil makan saya ngobrol tipis-tipis sama Pak Citro dan seorang ibu-ibu yang lagi ngandok (makan di tempat) disana juga. kata beliau, Pasar Gedhe udah mulai rame lagi sama turis-turis setelah kemaren pandemi sempet lama nggak ada.
"barusan ini ada turis rombongan dari Amirika. terus kalo Sabtu biasanya ada cici-cici Surabayaan itu rombongan kesini, mbak. di sini kan ada babi yg enak itu."
hehe jadi ikut seneng dengernya. syukur deh kalo Pasar Gedhe jadi tambah rame lagi.

Selat Vien's
sebenernya nggak pengen maem selat di Vien's karena dulu banget udah pernah, diajakin sama mbak-mbak kos yang baik hati buat sarapan disini pas bulan-bulan pertama jadi anak Solo. tapi abis dari Pasar Gedhe ngemaps selat Tenda Biru sama selat Bu Lies kok agak jauh jadi males. dua warung itu yang katanya terkenal selatnya enak. tapi berhubung jauh, akhirnya milih yang paling deket, ya Vien's ini. yaudalah cus aja.

pesen selat daging cacah lebaran (gatau apa maksudnya lebaran disini). pas pesenan saya keluar saya kayak, ini konsepnya emang agak porak poranda gini apa gimana sih? soalnya sejauh yang saya inget, dan liat foto di google juga, selat tuh penyajiannya ditata rapi terus disiram kuah selatnya gitu kan. apa karena menu yang saya pilih aja konsepnya begini? 
tapi walaupun bentukannya cukup membuat saya agak bertanya-tanya ya tetep aja saya makan sampe habis. rasanya masih kayak yang saya inget. isinya ada daging, telur godhog dibacem, tahu, kentang goreng, kacang panjang, acar, dan selada, disiram kuah selat yang asem manis. enak lah.

tapi enak kok guys, tenan.


tehnya juga mantap, wangi legi kenthel dan agak ada sepet-sepetnya.
overall sarapan hari ini: 💯

Susu Shi Jack
sebenernya udah dari lama banget pengen nyobain susu di Shi Jack karna katanya dia semacam pelopor susu murni rasa-rasa di Solo gitu kan. pilihan rasanya juga macem-macem banget dan harganya pun sangat murce. jadilah malem Selasa sepulang dari rutinan di Masjid Jannatul Firdaus, pulangnya diampirin di Shi Jack yang daerah Laweyan (Shi Jack ini franchisenya ada banyak warung btw).

ga cuma susu, banyak pilihan jajanan bahkan nasi kucing juga.

variannya macem-macem banget, kan?

sayangnya sampe disana, menu yang kami pilih pas lagi pada abis, katanya besok lusa baru restock rasanya. yaah, penonton kecewa. tapi tak apa karena masih ada banyak menu pilihan lain, jadilah kita tetep beli. harganya standar sih, 8k aja.

susunya baru kita minum pas sampe pondok, dan mungkin karena perjalanan Laweyan-Plesungan sekitar 30 menitan yah, jadi esnya udah setengah cair. alhasil susu kita rasanya...... agak hambar sedih banget. mana saya kan pesen rasa alpukat ya, bener sih warnanya ijo tapi pas dirasa-rasain kok jadi rasa melon?? apakah masnya keliru masukin rasa??

kami ngakak bersama, me-ngakak-i susu kami yang rasanya lebih mirip sirop kebanyakan air. mungkin kami lagi agak apes aja, sih. kita coba lagi lain kali, yak.

day 4
Srabi Noto Dewe
perjalanan mamam edisi kali ini diakhiri dengan mampir ke Srabi Notodewe yang ada di Taman Jaya Wijaya Mojosongo. yha sebenernya kurang lebih sama sama serabi-serabi khas Solo lain sih: besar, lembut, tanpa kuah santen, manis, dan disajikan digulung pake daun pisang. berhubung si legenda Notosuman outletnya jauh banget, ya saya mampirnya ke Notodewe yg selewatan aja.

tapi bukan berati Notodewe nggak enak, ya. disini juga mantep banget sih, menurut saya. biasanya agak antre banyak kalo pagi-pagi dan sorean gitu, pada beli kerdusan buat oleh-oleh atau dimakan sendiri di rumah. enak, lembut, manis. apalagi pas masih anget. beuh:')

jajanan khas Solo apa yang mandiri? Srabi Noto Dewe [haha]

***
sampe saat ini baru segini dulu. list mamam-mamam yg belum kejabanin santai lah ya, insyaAllah nanti ada kesempatan sowan pondok lagi sekalian dilanjutin agenda mamamnya. hehew.

sampai jumpa lagi, Solo! 👋🏻






Komentar