Langsung ke konten utama

SSO ? Faith is Our Strength!

SSO ? FAITH IS OUR STRENGTH !

SSO ? FAITH IS OUR STRENGTH !

SSO ? SSO ITU APAAAAAA ?


Nah, mungkin sebagian masih pake yang ketiga, ya. SSO ? SSO itu apa ?

Singkatnya, SSO atau Science and Social Olympiads, adalah olimpiade IPA IPS paaaaaaling beken untuk adik-adik SMP sederajat se-Indonesia yang diselenggarakan SMA Darul Ulum 2 BPPT Cambridge International School ID113 Jombang.

SSO nggak serta merta makbedunduk jadi olimp tingkat Nasional begini lho, SSO punya cerita *tsaah*. Sejarahnya saya ngutip dari web resmi mawon nggih.

Berawal dari MIPA untuk SMP sederajat se-Jawa Timur pada tahun 2000 (260 tim tergabung) hingga 2005 (820 tim tergabung). Mulai tahun 2006 berubah nama menjadi Science and Social Olympiads VII dengan jumlah peserta 860 tim. Seiring dengan berkembangnya zaman di bidang teknologi, maka pada SSO XII tahun 2011 diadakan menggunakan pendaftaran dan penyisihan daring (online) hingga SSO XIV tahun 2013.

Begitulah. Mungkin sebagian dari kalian akan berpikir "halah, olimpiade biasa". Oooh, jangan salah. Mungkin dari luar SSO ini akan terlihat sebagai lomba-apasih-biasa-banget, tapi --menurut saya seenggaknya, SSO ini lomba paaaaaaling keren, yang kekerenannya cuma bisa dikalahkan sama Hunger Game sama Turnamen Triwizard.

"Halah alay"

Iya, ndak apa. Dibilang alay sih saya udah biasa.

"Emang kenapa kok dibilang paling keren?"

Jadi gini. SSO ini lahir dibidani siswa-siswi SMA DU2 sendiri. Ya, mulai dari sosialiasi, brosur, akomodasi, panggung, soal, web, dana, pokoknya seeemuanya dipegang langsung sama para siswa. Guru hanya bertindak sebagai pengawas. Ada tim web, tim soal, tim akomodasi, tim humas, pendanaan, kreatif, dan tim-timan yang lain. Jadi panitianya orang banyak? Bukan banyak lagi, buanyak lha wong satu sekolah jadi panitia semua. Kami semua bertanggung jawab atas berjalannya lancar SSO kami ini. Asik, kan? Setiap tahun kami jadi punya kesibukan menyenangkan walau melelahkan. Eh ya endak juga sih, sebenernya. Cuma kan hampir semua siswa-siswi SMA DU2 itu ngerangkep jadi santri. Jadi pulang sekolah ngeloyornya bukan ke rumah, tapi ke asrama. Kewajiban kami nggak cukup hanya belajar di bangku nulis di buku sidu, tapi juga belajar di lantai nulis di kitab. Asik, kan? Karena panitianya santri, usahanya direwangi tirakat, istigosah, shalat hajat, doa bersama, sampek khataman Quran, jadi insyaAllah SSO ini olimpiade bergengsi yang penuh berkah. Aamiin o:)

Intinya,
Bagi elo, elo, elo, siswa atau siswi SMP atau MTs dimanapun berada, entah di tengah dunia metropolitan atau pelosok desa, apapun cita-cita kalian, apapun status kalian, mau taken jomblo bertunangan hts digantungin diphpin atau apapun, kalian SUNGGUH KECE kalo udah join SSO :3

Jangan khawatir sama hadiah, total 35 juta sudah siap menanti anda-anda sekalian, wahai para bocah kece. Iya, Rp 35.000.000,00. Lho kan, enolnya banyak banget jejer-jejer. Nggak cuma itu, trophy bergilir Mendikbud pun ada, masih tambah lagi beasiswa sekolah di SMA Darul Ulum BPPT CIS ID 113 Jombang yang kece bingids. Kurang apa lagi? Buruan daftar deh, tanggal 20 Agustus terakhir pendaftaran soalnya. Ayoooo kapan lagi bisa main ke Jombang sambil ikutan olimpiade kece? :D

Untuk info lebih lengkap (dan lebih valid), mangga dicek di sso.smadu2.com, atau langsung daftar kesini. Dan kalo masih bingung alur pendaftarannya, ini mungkin bisa membantu. Atau komen di bawah, insyaAllah saya jawab semampu saya:)

Penasaran ? Intip video trailernya deh disini

Saya tunggu kalian jadi pemenang, ya :D

SSO ? FAITH IS OUR STREEEEEENGTH !!


Komentar